Bagi Ferdinand, Rooney Lebih Matang Ketimbang Ronaldo

Bagi Ferdinand, Rooney Lebih Matang Ketimbang Ronaldo

Bagi Ferdinand, Rooney Lebih Matang Ketimbang Ronaldo

Berita Bola, Eks skipper Manchester United Rio Ferdinand menyebut tak ada pemain muda, termasuk Cristiano Ronaldo sekalipun, yang lebih baik ketimbang Wayne Rooney saat mereka baru saja lulus dari akademi klub.

Pujian tersebut terlontar sebagai bagian dari tribut yang ditulis oleh Ferdinand pada Rooney melalui akun Facebook-nya. Tribut itu terlontar setelah Rooney memutuskan untuk berpisah dengan United dan kembali ke klub lamanya, Everton.

Transfer pemain 31 tahun itu ke Everton sendiri diresmikan pada hari Minggu (09/07) kemarin. Tak disebutkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan oleh The Toffees untuk memboyongnya dari MU.

Rooney sendiri adalah pemain didikan akademi Everton. Setelah mentas dari akademi tersebut pada tahun 2002, performanya menarik perhatian banyak klub. Dan dua tahun berselang, ia akhirnya resmi hijrah ke Old Trafford.

Begitu tiba di MU, Rooney langsung menarik perhatian Ferdinand. Mantan defender timnas Inggris ini menyebut Rooney muda saat ini menunjukkan kematangan bermain dibanding pemain lain yang juga baru mentas dari akademi klub, termasuk pemain terbaik di dunia saat ini sekalipun, Ronaldo.

Baca Juga : Neville Beri Pujian Rooney sebagai Penyerang Terbaik

“Saya telah melihat banyak anak berkualitas dan kemampuannya dipuji berlebihan yang lulus di West Ham United seperti Joe Cole, Carrick, Lampard, Defoe, dan banyak lagi selama bertahun-tahun sejak di Man Utd seperti Pogba, Ravel Morrison, Lingard, dan lain lainnya, namun tidak ada satupun dari orang-orang ini yang bisa dibandingkan dengan Wayne dalam hal kesiapan secara fisik (postur tubuh seperti petinju kelas menengah sejak usia 10 tahun!!) & kedewasaannya dalam permainan dengan bola di kakinya (awareness, pengambilan keputusan, menemukan ruang, dan etos kerja yang menular pada orang lain).”

“Bahkan saat Manchester United merekrut wonderkid Portugal seharga 12 juta Poundsterling di usia yang sama dengan nama Cristiano Ronaldo, Wayne masih menjadi pesepakbola yang lebih matang saat itu. Cristiano saat itu lebih tertarik untuk pamer skill sementara bagi Wayne semua adalah tentang melakukan sesuatu untuk mempengaruhi permainan dan cocok sebagai pemain tim.”

“Jelas Cristiano segera memperbaiki hal tersebut dan kemudian bisa melakukan berbagai hal!!”