Satu tahun Pembekuan PSSI – Begini Rancangan Pertandingan dari Tim Transisi

Satu tahun Pembekuan PSSI – Begini Rancangan Pertandingan dari Tim Transisi

Satu tahun Pembekuan PSSI – Begini Rancangan Pertandingan dari Tim Transisi

Agen Bola Tangkas, Jakarta – Tim Transisi telah mempersiapkan bikin biru pertandingan sepakbola Indonesia. Ditargetkan di gelar pada Agustus yang akan datang, pertandingan ini dihelat tanpa ada pembagian divisi di musim perdana.

Dalam pembicaraan dengan detikSport, anggota Tim Transisi, Cheppy Wartono, menyanggah asumsi bila timnya dijelaskan pasif. Walau tanpa ada publikasi mereka tetaplah bekerja mengonsep pertandingan untuk membuat reformasi tata kelola sepakbola nasional.

Dijadwalkan bergulir mulai Agustus yang akan datang, pertandingan itu akan tidak terdiri dari kasta di th. petama. Tetapi ada prasyarat yang tegas mesti dipenuhi oleh bebrapa club yang menginginkan berperan serta.

“Kami itu menginginkan mengadakan liga pada bln. Agustus. Yang kami kehendaki tak ada kasta dahulu. Th. ini tak ada. Jadi satu semua. Divisi Paling utama, ISL, termasuk juga bebrapa club sebagai korban ketika IPL serta ISL tak bisa turut lagi. Dahulu ada bebrapa club yg tidak menurut PSSI dimatiin, kan kasian seperti itu. Menurut saya tak fair. Menurut saya kasih peluang untuk mereka, ” ucap Cheppy dalam pembicaraan dengan detikSport.

“Ini yang tadi saya katakan di-reset (dari mulai awal – red). Nanti, mereka atau club yang turut diberi prasyarat. Ada lima prasyarat dari AFC License yang perlu diberesin. Laporan pajak, pajak pemain, NPWP, kontrak pemain seperti apa, rekening pemain, beberapa hal tehnis ini yang tercantum dalam AFC, yang sampai kini tak dikerjakan, ” lanjutnya.

“Ini saya katakan liga saat transisi. Baru kelak 1 hingga 18 jadi club kasta paling tinggi, lalu kasta ke-2, kasta ketiga. Nah telah mulai promosi-degradasi. Mesti konsekwen semuanya club serta mereka di tandatangani. Jadi Agustus mulai liga namun belum ada kasta. ”

“Baru th. depan yang 18, kita clearkan. Kita buat kesepakatannya. 1-4 (divisi bawah) naik kasta paling tinggi. 16-18 terdegradasi. Di semuanya kasta, naik turun, seperti lazimnya pertandingan. Nah, siapa pengelolanya, kita tunjuk operatornya. Ini bakal ada pelajari tiap-tiap tahunnya, bila tak beres ya ditukar. Kelak baru TV (pemegang hak siar) yang kita tunjuk, group ingin turut tak. Ini mesti disiarin. Yang club bawah mesti disiarin juga, janganlah cuma club besar saja. Bila tak bagaimana miliki fanbase. Jadi sesungguhnya ini mesti melibatkan semuanya pihak, ” tuturnya.

Menggerakkan rencana pertandingan seperti itu disadari Cheppy tak gampang lantaran terdapat beberapa club yang menentang. Yang mengherankan, resistensi malah datang dari bebrapa club yang dengan cara tradisional besar.

Baca Juga : Barca serta Atletico Gunakan Seragam Away di Pertandingan Home

“Nah, saat kami lontarkan banyak yang teriak. Nah, sampai kini kan harusnya mulai sejak 2003 dikerjakan (ketentuannya) namun lalu ada toleransi dari PT liga, lalu diamini federasi jadi dilewatkan. Pada akhirnya makin ruwet. Yang menarik, malah bebrapa club Divisi Paling utama menginginkan mengatur dianya. Ingin mengatur dari pertama, aktenya dibereskan, SIUPP-nya, juga, jadi bila bebrapa club abal-abal tentu keberatan. Namun bila club yang serius itu seneng. Tempo hari ada club yang happy. ”

“Kami telah lakukan pendekatan hanya klubnya tidak ingin. Club besar ini tidak ingin. Maunya club DU yang benar. Club besar ini tidak ingin terima, lantaran terasa dia memegang market, TV. TV bila tak club besar yang main tidak ingin (beli hak siar). Hukum ekonomi yang mereka gunakan. Itu yang mereka piara. Harusnya TV-nya menolong bebrapa club yang kurang. ” keluhnya.

Masalah gagasan bergulirnya ISC serta ISL, yang dijadwalkan bergulir lebih dahulu di banding pertandingan yang disediakan Tim Transisi, Cheppy tak mempersoalkan. Prasyaratnya hanya satu : semuanya dikerjakan sesuai sama ketentuan main.

“Ya, prinsipnya untuk kami liga itu dikerjakan dengan benar dimuka. Klub-klub itu benar semua. Club janganlah abal-abal, kontrak pemain seperti apa, serta prasyarat yang lain, miliki stadion, homebase, mesti clear semuanya. Bila telah clear baru tetapkan liganya. Masalah oepratornya siapapun tidak jadi masalah, tak ada masalah, yang utama benar. Seperti mobil bila ingin jalan suratnya ada, ada ban serep dan lain-lain. Siapa yang mengemudikan tak ada permasalahan, ” cetusnya.